Mendengarkan Radio Reggae Indonesia di Handphone

Jumat

Cara Mendengarkan Radio Reggae Indonesia Via Handphone
1. Membeli handphone yang didalamnya memiliki fasilitas / fitur untuk mendengarkan radio di frekuensi AM tanpa koneksi GPRS / internet. Handphone yang memiliki fitur seperti ini sangat-sangat jarang sekali, dan sepanjang yang ana ketahui baru satu produser handphone yang telah memproduksi handphone yang memiliki fitur radio AM dan FM, yaitu Sony Ericsson, dan itupun baru dua tipe handphone yang diproduksi, yaitu tipe : R303 dan R306 dengan kualitas suara yang lumayan bagus dan nyaring namun tanpa fitur memori eksternal (memory card) dan ditambah lagi memori internal yang pas-pasan sebesar 8MB.
2. Dengan cara streaming Radio Reggae Indonesia di handphone melalui koneksi gprs, 3G, maupun HSDPA. Streaming ini dapat dilakukan dengan aplikasi bawaan handphone (yang mendukung) maupun dengan aplikasi tambahan seperti Virtual Radio 
namun kadang Virtual Radio tidak berjalan lancar, tergantung dari kelancaran server Virtual Radio, server Radio Reggae Indonesia dan mendukungnya Handphone terhadap aplikasi Virtual Radio. Dan sampai dengan dipostingnya tulisan ini, ana telah mencoba menggunakan aplikasi Virtual Radio pada Handphone Nokia N70 (S60 V.2) dan Nokia N73 (S60 V.3) selalu gagal untuk mendengarkan streaming Radio Reggae Indonesia, padahal kedua handphone tersebut telah mendukung 3G yang tentu memiliki koneksi internet lebih cepat dari pada handphone GPRS biasa (seperti 6600, 6670, 7610,  dll) namun dibawah kecepatan handphone HSDPA (seperti 6120c, E51, dll. Pernah juga sukses ke server Virtual Radio dengan memakai Virtual Radio versi lama, tapi ketika di pilih channel Radio Reggae Indonesia, malah tidak ada koneksi sama sekali ke server Radio Reggae Indonesia, padahal dicoba ke channel radio lain bisa. Ada yang tau kenapa??? Kalo mau coba download dan mencoba langsung Virtual Radio silahkan klik disini saja, dan untuk download langsung dari handphone, tinggal masuk ke situs www.vradio.org dari browser handphone lalu ikuti petunjuk install.
Maka karena hal tersebut… disini ana menguraikan sebuah aplikasi alternatif untuk dapat mendengarkan streaming Radio Reggae Indonesia di handphone dengan aplikasi Core Player 1.4 yang tanpa koneksi ke server aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi pemutar suara dan video di handphone seperti halnya WinAmp dan JetAudio di komputer. Bahkan aplikasi ini merupakan aplikasi multimedia di handphone terlengkap yang dapat membuka file :
Audio Formats:
MP3, MP2, AAC, MKA, WMA, Midi*, WAV, OGG, Speex, WAVPACK, TTA, FLAC, MPC, AMR, ADPCM, ALaw, MuLaw, G.729, GSM

Video Formats:

H.264 (AVC), AVCHD, MKV, MPEG-1, MPEG-4 part 2 (ASP), DivX, XviD, WMV*, Theora*, Dirac*, MJPEG, MSVIDEO1

Image Formats:
JPEG (420, 422, 440, EXIF Headers)*, BMP, GIF, PNG, TIFF, MJPEGContainer Formats:
Flash/FLV, Matroska, ASF, ASX, AVI, PS, M2TS, TS, 3GPP, MOV, MPEG-4, OGM, NSV* Streaming Formats:
HTTP, UDP, UDP Multicast, UDP Unicast, RDP, RTP. RTSP, RTCP (keep alive), ASX, ASF, Multicast, HTTP Tunneling
Additional Features:
Google Data, Benchmarking, Integrated Pocket IE/IE Support, SMB Browsing.
Untuk jelasnya kunjungi situsnya disini.
 

Cara seperti ini telah ana coba pada handphone Nokia N73 yang merupakan handphone symbian operating system 9.1 atau S60 V.3 dan tentunya dapat dilakukan juga di handphone yang kompatible dengan Nokia N73 seperti E61, dll.
Berikut caranya :
  1. Download Tool Unsigned.zip, lalu di ekstract dan di-install pada handphone (petunjuk instalasi ada didalam file zip tersebut).
  2. Download Core Player 1.4.zip, lalu di ekstract dan di-install pada handphone (petunjuk instalasi ada didalam file zip tersebut).
  3. Setelah semua di-install, buka aplikasi Core Player di handphone.
  4. Pilih “Menu” – “Open URL”, masukkan alamat streaming Radio Reggae Indonesia ( kirim Pesan Ke Fb Radio Reggae Indonesia untuk mengetahui server URL yanfg di gunakan )
  5. Pilih koneksi gprs handphone kita, tunggu proses.

Catatan Penting :
-  Ingat bahwa streaming radio melalui handphone bisa memakai kapasitas gprs yang besar, jadi harus diperhatikan apakah memiliki pulsa yang cukup banyak atau menggunakan paket gprs yang murah atau berada di wilayah wi-fi (yang hanya dapat dilakukan dengan beberapa jenis handphone tertentu).

 




from