Interview : Steven Jam

Senin


Steven Nugraha Kaligis yang akrab di sapa Tepenk tidak perlu di ragukan lagi Akan kecintaannya terhadap musik Reggae terutama Reggae di Indonesia
hal ini di buktikan saat melakukan interview dengan Radio Reggae Indonesia.
dan ini hasil perbincangan kita bersama Steven Jam :


 






Bagaimana Steven melihat perkembangan Reggae di  Indonesia terutama di daerah Kalimantan,sulawesi ?
Buat gue  perkembangan Reggae  di Kalimantan dan sulawesi sangat pesat 
Sebab beberapa kali gue main di kalimanantan
 
mereka udah punya komunitas yang bagus udah punya tempat buat sharing terus punya wadah juga terutama di Banjarmansin
Kalau di sulawesi gue perna ke manado terus ke tomohon,terus juga gue  ketemu dengan beberapa band di sana dan komunitas untuk reggaenya sendirinya kuat.
Kebetulan yang di Gorontalo gue belum pernah kesana.tapi gue denger banyak komunitas di sana juga,Dan kayaknya gw inisiatif banget buat kesana
terus Palu,terutama makasar sangat – Sangat bagus,mereka juga punya tempat di sana.ada KPJ cabang makasar,komuintas Reggae dan band – band reggae nya Juga banyak.juga terlihat dari indikasi waktu konser,jam session banyak di lakukan dari sana

Di saat Reggae Indonesia mulai Berkembang, kenapa Band Steven and Coconuttreez vakum ?
Sebenarnya ini juga bukan vakum ,tapi lebih melebarkan sayap dalam arti kita masih solo semua,dengan harapan kita solo lebih banyak massa,dan Komunitas juga,sebab kita juga mainnya lain lain,ada yang main pop,Reggae Metal,dan kebetulan gue sendiri bikin Steven Jam.

 Kemarin sudah meluncurkan album perdana bertajuk "Feel The Vibration ? kira - kira apa saja pendekatan Steven Jam dengan album baru ini ?
Iya baru Beberapa waktu ini kita baru meluncurkan album perdana Steven Jam,pendekatan di Album Steven Jam ini kurang lebih sama,dan kurang lebih tema nya kita melihat masalah – masalah sosial, kehiduapan yang berkembang yang uptodate dan masalah hari hari yang terasa dan terlihat.

Apa Di Steven Jam masih di huni ama Sebagian Personil Steven and Coconuttreez ?
Kebetulan di steven Jam ini Jam Sesion jadi siapa aja bisa main,dan kebetulan salah satu gitaris Steven & coconutz sering nge jam dengan gue yaitu Mas Teguh

Selain Musisi Reggae pasti Steven Juga punya rasa prihatin akan suasana Politik di Negeri ini,kira - kira tanggapan Steven seperti apa ?
Kalau Rasa prihatin situasi politik sekarang,gue prihatin sekali tapi gue percaya sama wakil wakil rakyat Di sana lebih pintar berbicara politik.
Asal jangan lagi rapat untuk Rakyat masih sempat – sempatnya buka Situs bokep.
Prihatin lah gue,kita kan negara berkembang dan lagi mencoba mencari jati diri tapi di huni banyak
Koruptor – Koruptor yang nyelewengin duit Rakyat coba di jadikan sekolah atau yang lebih bermanfaat.

Apa yang Steven lakukan kepada Fans,bahwa musik Reggae tidak Identik dengan Marijuana ?
  Gue ngak bisa ngelarang kawan kawan yang berurusan dengan Marijuana sebab itu prinsipnya lebih ke individual atau  personal tapi gue ngak mau Reggae di identikan dengan Marijuana
Sebab kalau bisa di tilik tilik duluan mana sekarang marijuana masuk Indonesia dari pada Reggae
Paling gue Cuma bisa ngingatin kalau bahaya make Marijuana karna di negara ini sangat ilegal dan musuh nomor 1 Pemerintah.tapi urusannya lebih ke personal.

 Selain menjadi musisi Reggae, apa saja aktifitas Steven ?
Selain itu gue bekerja di Lebel 267Record,coba bantu band band juga,bantu bantu bikin event.pokoknya apa saja yang berhubungan musik Reggae. 

kalau lagi liburan di mana aja tempat yang sering di kunjungi ?
Sebenarnya hampir di mana aja,tapi gue cenderung suka pantai .mungkin Jogja,bali,lombok gue lenih sering ke sana. 

Apa Harapan & tujuan terhadap perkembangan musik Reggae di Indonesia ,dan juga Harapan kepada Radio Reggae Indonesia ?
Gue berharap Reggae di Indonesia berkembang dan terus berkembang dan tetap eksis,dan apapun trend di Indonesia, Reggae tetap punya best line,Reggae punya komunitas tersendiri jadi nggak tersentuh ama Trend yang berlaku dan yang pasti makin banyak band Reggae nya dan makin banyal eventnya
Buat Radio Reggae Indonesia tetap mengudara tetap report perkembangan Reggae aktual terus jadi media buat kita saling berkomunikasi,silaturahmi, menyampaikan Informasi buat Perkembangan Reggae Indonesia dan nggak ter intervensi sama pihak pihak luar
Jadi maju terus Radio Reggae Indonesia gue support 100%
Maju Terus Radio Reggae Indonesia !




from